Pengumuman Akreditasi

Kepada Yth.

1.   Pimpinan Perguruan Tinggi

2.   Pimpinan Lembaga Penelitian

3.   Koordinator Kopertis Wilayah I s.d. XIV

4.   Ketua Himpunan Profesi

5.   Pengelola Jurnal Ilmiah

di seluruh Indonesia

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas jurnal ilmiah secara berkelanjutan, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan telah melaksanakan akreditasi jurnal ilmiah berdasarkan Perdirjen Dikti nomor 1 tahun 2014 melalui portal arjuna: http://arjuna.ristekdikti.go.id dan LIPI berdasarkan Peraturan Kepala LIPI nomor 3 tahun 2014 melalui portal sitasi: http://sitasi.lipi.go.id . Hasil akreditasi jurnal ilmiah yang sudah melakukan pendaftaran sampai tanggal 31 Maret 2018  dapat dilihat melalui portal: http://sinta2.ristekdikti.go.id  yang dimasukan kedalam sinta 1 sampai 6 (Peringkat 1 sampai 6), masa berlaku akreditasi selama 5 tahun bagi jurnal yang ada dalam peringkat 1 dan 2, adapun jurnal yang ada dalam kategori sinta 3 sampai 6 dapat mengajukan kembali untuk kenaikan peringkat setelah menerbitkan minimal satu nomor terbitan dengan memperhatikan catatan yang diberikan dalam portal arjuna http://arjuna.ristekdikti.go.id, sertifikat akreditasi akan disampaikan terpisah kepada masing-masing jurnal.

Perlu kami sampaikan mulai 21 maret 2018, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah mengeluarkan Permenristekdikti nomor 9 tahun 2018 tentang akreditasi jurnal ilmiah, sehingga peraturan lama tidak berlaku lagi dan peraturan baru akan berlaku efektif mulai 5 Juli  2018.  Jurnal baru maupun lama yang akan meningkatkan peringkat baik berasal dari perguruan tinggi maupun lembaga litbang dapat melakukan pendaftaran melalui portal arjuna 2: http://arjuna2.ristekdikti.go.id, setelah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1.       Memiliki nomor seri standar internasional secara elektronik (Electronic International Standard Serial Number/EISSN). Nama jurnal harus sesuai dengan yang terdaftar di issn.lipi.go.id.

2.       Memiliki pengenal objek digital (Digital Object Identifier/DOI).

3.       Mencantumkan persyaratan etika publikasi (publication ethics statement) dalam laman jurnal.

4.       Jurnal ilmiah harus bersifat ilmiah, artinya memuat artikel yang secara nyata memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang didasarkan pada hasil penelitian, perekayasaan, dan/atau telaahan yang mengandung temuan dan/atau pemikiran yang orisinil serta tidak plagiat.

5.       Jurnal ilmiah telah terbit paling sedikit 2 (dua) tahun berurutan, terhitung mundur mulai tanggal atau bulan pengajuan akreditasi.

6.       Frekuensi penerbitan jurnal ilmiah paling sedikit 2 (dua) kali dalam satu tahun secara teratur.

7.       Jumlah artikel setiap terbit sekurang-kurangnya 5 (lima) artikel, kecuali jika jurnal yang hanya memuat artikel review bidang ilmu tertentu

Panduan akreditasi secara detail dapat dilihat dalam buku pedoman akreditasi jurnal ilmiah tahun 2018.  

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih

LAMPIRAN:
FYGDM5GKAB.png